Curah Hujan Tinggi, Bupati Wempi Imbau Warga Waspadai Banjir

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur Kabupaten Malinau, sejak dini hari hingga pagi pukul 10.00 WITA, Jum’at (28/1/2022) mengakibatkan sejumlah titik di daerah ini kembali terendam banjir.

Selain merendam rumah – rumah warga, banjir juga mengakibatkan arus lalulintas di sejumlah titik terganggu.

Menurut pantauan dilapangan, beberapa wilayah di perkotaan yang terendam banjir ialah di Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota dan beberapa desa di wilayah Malinau Utara.

Bupati Malinau, Wempi W Mawa mengimbau agar warga setempat tetap waspada terhadap ancaman bencana banjir yang setiap saat dapat terjadi.

“Curah hujan di perkirakan masih akan tinggi di awal tahun 2022 ini, warga di wilayah-wilayah rawan banjir diharapkan tetap selalu waspada,” kata Bupati Wempi, Jum’at (28/1/2022).

Ia menekankan, kewaspadaan tinggi perlu diterapkan. Terlebih di daerah yang rawan dan sering menjadi langganan banjir.

“Untuk semua masyarakat di Kabupaten Malinau, saya menghimbau dan mengingatkan agar tetap WASPADA, karena melihat peningkatan intensitas curah hujan yang tinggi saat ini dan berpotensi menyebabkan banjir. Terlebih kondisi air sungai mentarang, sesayap, malinau dan sembuak yang mulai meluap,” ungkap Bupati Wempi dalam keterangannya.

Sementara itu, salah satu warga di Desa Tanjung Lapang, Vania mengatakan, jalan raya dan beberapa titik lainnya terendam air setinggi 50-60 cm.

“Hujan dari tadi malam buat air Sungai tinggi. Jadi rumah dan jalan terendam. Tapi, di wilayah ini memang sudah sering langganan banjir,” ucapnya.

Selain merendam pemukiman, genangan air akibat hujan lebat juga merendam sejumlah jalan “Arus lalulintas terganggung, pengendara yang ingin melintas harus hati-hati dan mengurangi kecepatan kendaraanya,” sarannya.(*)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.