33 Warga Perbatasan Terdampak Penundaan Penerbangan, Ini jawaban Pihak Susi Air

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pelayanan penerbangan perintis maskapai Susi Air rute Malinau tujuan Long Bawan Nunukan sempat tertunda sekira dua pekan.

Siang tadi, sejumlah perwakilan penumpang menemui perwakilan manajemen Maskapai Susi Air di Terminal Bandara Kolonel RA Bessing Malinau.

Calon penumpang meminta kejelasan terkait penyebab dan solusi tertundanya penerbangan perintis rute Malinau ke Long Bawan, Nunukan.

Saat dikonfirmasi Base Koordinator Maskapai Susi Air di Malinau, Wildan mengakui adanya penundaan penerbangan perintis, khususnya rute Malinau tujuan Long Bawan, Nunukan.

Ditundanya penerbangan perintis tersebut merupakan dampak alih sewa hanggar Bandara. Sehingga untuk perawatan dan pemeriksaan rutin dan SOP terbang memakan waktu lebih dari biasanya.

“Dari base kami dapat info bahwa pesawat butuh perbaikan. Jadi ada beberapa part yang harus kita tunggu untuk pengirimannya dari Jakarta,” ujar Wildan Selasa (22/3/2022).

Menurut Wildan sesuai standar terbang Maskapai, Susi Air harus memastikan melalui safety check bahwa pesawat benar-benar layak diterbangkan dari Engineer.

Selain penerbangan rute Malinau-Long Bawan, data Maskapai Susi Air Malinau, sejumlah penerbangan juga terdampak penyesuaian jadwal karena alih sewa Bandara Kolonel RA Bessing.

“Penerbangan lain ada yang terdampak tapi tidak seperti rute Long Bawan. Karena Long Bawan ini frekuensi penerbangannya lebih sering daripada rute lain di Malinau,” katanya.

Penyesuaian jadwal maintenance dan perawatan berkala armada penerbangan Susi Air tersebut diakibatkan beralihnya sewa hanggar Bandara Kolonel RA Bessing Malinau.

Hanggar yang sebelumnya disewa oleh PT ASI Pudjiastuti tersebut dialihkan kepada penyewa lain dan peristiwa ini sempat viral pada awal Februari 2022 lalu terkait pengeluaran paksa pesawat Susi Air dari Hanggar Bandara Malinau.

Penyesuaian skedul terbang imbas alih sewa hanggar Bandara Kolonel RA Bessing Malinau tersebut diakui oleh Corporate Secretary Susi Air, Nadine Kaiser.

Melalui sambungan telepon, Nadine menyampaikan kepada calon penumpang terkait waktu maintenance memakan waktu lebih lama dari biasanya imbas alih sewa hanggar Bandara.

Nadine mengakui dalam waktu dekat Maskapai Susi Air akan mengevaluasi kesanggupan maskapai terkait penerbangan rute perintis di Malinau.

“Saat ini saya juga sedang bersama ibu Susi, dalam waktu dekat kami akan mengevaluasi kontrak penerbangan di Malinau. Terkait kesanggupan operasional Susi Air melayani penerbangan Perintis di Malinau,” ujarnya kepada Perwakilan Calon Penumpang melalui Telepon Seluler saat proses mediasi di Terminal Bandara Kol RA Bessing, Selasa (22/3/2022).

Nadine mengakui, dampak alih sewa hanggar Bandara tersebut saat ini banyak berimbas terhadap operasional penerbangan perintis di Kaltara yakni di Nunukan dan Malinau.

Sementara terkait penundaan rute penerbangan Malinau tujuan Long Bawan, Nadine menyampaikan penerbangan diusahakan akan beroperasi normal pada Jumat (25/3/2022) mendatang.(*)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.