Dongkrak Ekonomi Rakyat, DPP KERIS Gandeng PS7 Sebagai Program Unggulan Pemberdayaan Masyarakat

JAKARTA, SWARAKALTARA.COM – Berbicara tentang ekonomi rakyat, tentunya tidak luput dari cara berpikir seorang Ketua Umum Komite Ekonomi Rakyat Indonesia Semesta (KERIS), dr. Ali Mahsum ATMO M Biomed yang selalu memperjuangkan ekonomi rakyat mampu maju, berkembang dan unggul, serta hidup rakyat sejahtera berkeadilan.

Berbagai cara dilakukan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat kecil dan menengah. Dia jalani dengan mengalir khususnya sejak tahun 2011 saat mengemban amanah Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) dan dalam waktu dekat akan resmikan Cafe KERIS Rakyat (CKR) untuk hantarkan 1,8 juta kuliner Indonesia naik kelas dan adiluhung di dunia hingga agustus 2023.

Melalui pengalaman yang telah di geluti selama ini, Ali Mahsun menerima audiensi Direktur Operasional PT Stevia Berkah Abadi (SBA) yang merupakan distributor dari PT Putri Satu Tujuh (PS7), Okky Ardiansyah (Ardi) guna pembahasan kerjasama produk yang menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari di Kantor DPP KERIS, Jalan Cempaka Putih Timur IX No. 8, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis sore (30/6/2022).

Pada pertemuan tersebut membahas terkait gula yang akan menjadi brand atau produk KERIS untuk meningkatkan perekonomian rakyat, melalui program unggulan Industri Mitra UMKM dan Pondok Pasantren yang dikeluarkan oleh Putri Satu Tujuh (PS7) bekerjasama dengan DPP KERIS kepada seluruh anggota yang bernaung di dalamnya.

Dalam paparannya, Ardi menjelaskan bahwa produk yang ditawarkan kepada DPP KERIS merupakan kebutuhan setiap masyarakat. Dirinya mengklaim bahwa Gula PS7 merupakan gula yang aman dikonsumsi bagi setiap elemen masyarakat.

“Kami memiliki produk gula yang aman dikonsumsi oleh masyarakat. Caranya mudah, hanya mengganti gula harian dengan Gula PS7 rendah kalori. Setiap orang belum tentu punya BBM di rumahnya, tapi setiap orang pasti memiliki gula di rumahnya. Ini membuktikan bahwa gula merupakan suatu kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia setiap hari,” papar Ardi pada pertemuan dengan pengurus DPP KERIS.

Selain itu, lanjut Ardi, bila berbicara terkait peluang bisnis, tentunya ini akan menjadi bisnis yang menjanjikan. Dirinya juga mengakui telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, seperti Parpol, Ponpes, Komunitas, dan Pemerintahan.

“Kami juga telah menjalin kerjasama dengan salah satu Ponpes terbesar di Karawang. Mereka telah membuat brand sendiri dengan sistem pelatihan pemberdayaan masyarakat yang telah kami berikan agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya, khususnya Ponpes sekitar dengan pemberdayaan Jamaah menjadi reseller dari produknya,” jelasnya.

Usai memaparkan dan melakukan demonstrasi Gula PS7 dibandingkan dengan gula biasa, Ardi mengatakan telah memiliki program yang dapat dikolaboradikan bahwa PT. SBA selaku distributor PT. Putri Satu Tujuh berkomitmen penuh untuk mengandeng UMKM, Pondok Pesantren dan berbagai Komunitas sebagai mitra strategis dalam upaya bersama, untuk menumbuhkan mental kewirausahaan dan mendorong tumbuhnya ekonomi nasional.

Sebelumnya, Ali yang juga Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) membuka pembicaraan dengan dengan memperkenalkan beberapa pengurus DPP KERIS dan menceritakan sedikit perjalanan dirinya terpilih menjadi Ketua Umum KERIS untuk periode 2022-2027 tanpa dukungan dari Pejabat manapun, yang dihadiri oleh 75 organisasi dan 9 organisasi yang ikut hadir secara online di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Bulan Maret lalu.

Menanggapi hal tersebut, Ali Mahsun membuka pintu selebar-lebarnya untuk siapa saja yang ingin bersinergi dengan DPP KERIS selama memiliki misi/visi yang sama demi memajukan perekonomian rakyat.

“Pertama-tama saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke Kantor DPP KERIS, ini merupakan salah satu cara yang luar biasa untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Pada dasarnya, kami dari KERIS membuka setiap peluang apapun dan kepada siapapun yang ingin bersinergi dengan kami. Melalui pemaparan tadi rasanya cukup jelas apa yang menjadi harapan dari PT Putri Satu Tujuh dan KERIS, intinya kami mendorong setiap anggota yang tergabung dalam KERIS dapat merasakan manfaatkan secara langsung. Ya, kalau saya tinggal menandatangani saja hasil kerjasamanya seperti apa agar dapat segera di sosialisasikan,” ucap Ali Mahsun yang juga seorang dokter.

Sebagai seorang dokter, Ali mengakui bahwa secara knowledge terkait manfaat gula bagi kesehatan manusia sudah sangat dIpahaminya. Justru dirinya juga dapat menjadi pelopor yang akan mendeklair produk gula yang dikeluarkan oleh DPP KERIS baik bagi kesehatan.

“Sebagai seorang dokter, pada prinsipnya saya sudah mengetahui knowledge dari gula tersebut. Bagi saya, bagaimana produk gula ini dapat meningkatkan dan membantu pertumbuhan ekonomi rakyat. Ada lebih dari 80 organisasi yang berada dinaungan KERIS, mulai dari organisasi PKL, Warteg, Koperasi, Transportasi, petani, nelayan, ojek, hingga Media Massa,” akunya.

Ali berharap agar pertemuan ini bisa menjadi awal yang baik bagi PS7 dan KERIS, jika memang memiliki tujuan yang sama dalam kepentingan ekonomi rakyat.

“Saya berharap akan ada tindaklanjutnya dari pertemuan ini, sehingga kita bisa segera bersinergi bersama dengan tujuan yang sama. Mungkin di pertemuan berikutnya, pihak PS7 bisa segera membuat draft kerjasama dan dokumen apa saja yang dibutuhkan agar program ini segera berjalan,” tambahnya.

Sebelum menutup pertemuan tersebut, dr. Ali Mahsun ATMO M Biomed secara tegas menawarkan pintu awal kepada PS7 untuk dapatkan peluang menjadi sponsor pertama pada acara Pagelaran Wayang Kulit yang rencananya akan digelar di Gedung MPR/DPR RI, Senayan pada Agustus 2022 mendatang.

“Sebagai bentuk keseriusan kami dari DPP KERIS, maka saya berikan peluang kepada PS7 untuk menjadi sponsor utama pada perhelatan Wayang Kulit yang akan kami gelar di Gedung Parlementer, Senayan. Sekarang tinggal bagaimana Putri Satu Tujuh menunjukkan keseriusannya sebagai langkah awal dalam menjalin kerjasama dengan kami,” tutupnya.

Hadir pula pada pertemuan tersebut Ahmad Satiri (Ketua DPP KERIS), Wasekjen DPP KERIS Ilham Yulianto, M. Thaat Tarigan (Departemen DPP KERIS), Ketua Umum Serikat Ojol Indonesia (Seroja) Andi Kristiyanto, dan Sahono Suryadi (Ketua Umum Kowarteg Nusantara).

Pertemuan tersebut ditutup dengan penyerahan Gula PS7 secara simbolis dari Direktur Operasional SBA, Okky Ardiansyah kepada Ketua Umum KERIS dan APKLI, dr. Ali Mahsun ATMO M Biomed sebagai langkah awal menjalin hubungan kerjasama yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan pembahasan lebih lanjut pada pertemuan berikutnya.

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.