Jambore Nasional XI Tahun 2022, Pemkab Malinau Lepas 16 Pramuka ke Cibubur

Acara pelepasan dilaksanakan di Ruang Laga Feratu, Kantor Bupati Malinau, Rabu (10/8/2022) siang.

Bupati Malinau yang diwakili oleh Asisten I, H. Kamran Daik dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Jambore tidak sekadar mengikuti perkemahan. Namun juga mendukung dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat baik jasmani dan rohani.

Kamran berpesan agar seluruh peserta Kontingen dapat tampil dengan sebaik-baiknya.

“Berbagai persiapan telah diikuti, dan apa yang telah diberikan oleh para pembimbing dapat diimplementasikan dengan baik dan didasari dengan rasa tanggung jawab,” ucapnya.

Mantan Kasatpol PP Malinau ini menyebutkan, semoga Kontingen Kwarcab Malinau dapat membawa hal yang membanggakan dengan dilandasi semangat sportifitas.

Ia juga berpesan kepada peserta Kontingen yang berangkat menuju Jamnas 2022 agar senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan yang dilandasi kedisiplinan serta tanggung jawab yang tinggi.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Malinau, M Fiteriady mengatakan, untuk Kontingen Jamnas ke- XI Tahun 2022 mewakili Kabupaten Malinau pihaknya mengirimkan 16 peserta ditambah dengan dua pendamping.

“Mereka berasal dari beberapa Sekolah yang ada di Kabupaten Malinau yang telah ikut seleksi,” ucapnya.

Beberapa Sekolah yang telah mengirimkan peserta/perwakilan diantaranya ialah SMP N 1 Malinau Kota, SMP N 2 Malinau Kota, SMP N 1 Malinau Utara, MTs Malinau, SMP Integral Hidayatullah, SMP Insan Utama Malinau Seberang, dan SMP N 3 Malinau Barat.

Kak Fiter, sapaan akrabnya, menambahkan dalam menentukan peserta Kontingen Jamnas pihaknya telah melaksanakan seleksi dengan ketat.

“Sebenarnya dari awal Tahun tepatnya di Bulan Januari lalu kami sudah umumkan untuk merekrut para peserta, khususnya bagi penggalang yang aktif di Pramuka. Dengan berjalannya waktu mereka juga sudah terseleksi secara alami, seperti adanya kesibukan maupun mengundurkan diri dan sebagainya,” ungkapnya.

Lalu, pihaknya pun memfokuskan pembinaan para peserta setelah perayaan Idul Fitri pada Bulan Mei lalu.

“Setelah kita kirimkan kembali surat ke beberapa Sekolah, untuk mengirimkan perwakilannya agar mengikuti seleksi pada Jamnas ke- XI ini. Lalu setelah seleksi dilaksanakan, Alhamdulillah dari proses yang berlangsung maka terpilihlah 8 orang Putra dan Putri terbaik, hasil dari seleksi yang telah kami laksanakan,” jelasnya.

Dalam mengikuti Jambore Nasional Tahun 2022 ini, Pramuka Kwarcab Malinau mempersiapkan Kontingen dengan berbagai macam pengetahuan, terutama terkait ilmu Kepramukaan.

“Ilmu Kepramukaan itu tidak hanya soal tali temali maupun hal basic lainnya, namun lebih kepada cara bersikap dan harus mempunyai kepercayaan diri,” katanya.

Sembari kami melakukan pembinaan, kata Kak Fiter, pihaknya lebih mendorong dan menggembleng sikap para peserta.

“Terutama harus percaya diri. Peserta perwakilan dari Kabupaten Malinau tidak boleh rendah diri, karena mereka ini adalah Duta dan bersaing dengan secara Nasional. Pasti orang-orang akan melihat Malinau dari mereka (Peserta). Maka penampilan dan sikap dari adik-adik Kontingen inilah yang mewakili Malinau,” tuturnya.

Rencananya, pada 11 Agustus 2022 besok Kontingen Jamnas ke-XI dari Kabupaten Malinau akan diberangkatkan ke Tarakan. Setelahnya akan dilepas secara simbolis oleh Gubernur Kaltara bersama para Kontingen dari Kabupaten/Kota lainnya ke Cibubur, Jakarta Timur.(**)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.