Home Kaltara Kerjasama dengan Bankaltimtara, Pemkab Malinau Gelar Bimtek ATKP, KKPD dan SP2D Online

Kerjasama dengan Bankaltimtara, Pemkab Malinau Gelar Bimtek ATKP, KKPD dan SP2D Online

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) menjalin kerjasama dengan PT. Bankaltimtara Cabang Malinau menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) ATKP, KKPD dan SP2D Online.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Tebengang, Kantor Bupati Malinau, pada Selasa (4/4/2023), yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ernes Silvanus yang diwakili Kepala BPKD Malinau, Martha Daring, S.E., M.Si.

Dalam kesempatannya, Martha Daring menyampaikan, bahwa pelaksanaan keuangan atau transaksi keuangan non tunai ini sudah lama diterapkan oleh Pemkab Malinau yakni dari tahun 2017 lalu.

Ia menyebutkan, melalui kegiatan ini diharapkan Kepala OPD, PPK serta Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pengeluaran Pembantu dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Dengan telah terkoneksinya SP2D, tambahnya, SIPD Online per 9 Maret 2023 maka melalui kegiatan ini seluruh OPD harus dapat menerapkan proses pencairan SP2D secara online.

Demikian juga dengan penggunaan ATKP, proses dan transaksi secara non tunai dapat berjalan sesuai dengan instruksi dan aturan yang berlaku.

“Dimasa kemajuan teknologi saat ini tidak ada alasan bagi kita untuk tetap bertahan dengan transaksi manual. Teknologi yang ada dan kecanggihan membuat kita harus lebih cepat, lebih akurat dan lebih akuntabel dalam proses kegiatan,” ucap Martha.

Terlebih dengan APBD Kabupaten Malinau sebesar Rp. 2 Triliun lebih, Martha menegaskan bahwa faktor ketepatan waktu sesuai dengan jadwal kegiatan merupakan kunci utama keberhasilan seluruh kegiatan yang telah direncanakan.

“Saya berpesan jangan menunda-nunda realisasi pelaksanaan DPA baik realisasi secara fisik maupun secara keuangan,” imbuhnya.

Diketahui, beberapa manfaat dari penerapan SP2D online untuk Pemerintah Daerah yaitu, Pencairan SP2D lebih tepat waktu, Mengurangi risiko pengembalian SP2D retur akibat kesalahan input data rekening, Mencegah pencairan SP2D berulang dan Pemda dapat memantau kondisi kas daerah secara real time.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved